Mengenal Berbagai Jenis Sepatu Untuk Tampilan Menarik Kakimu

Mengenal Berbagai Jenis Sepatu Untuk Tampilan Menarik Kakimu


Sepatu merupakan item terpenting dalam berpakaian. Tanpa sepatu, rasanya kurang lengkap dan seperti telanjang dalam berpakaian. Meskipun letaknya dibawah, sepatu tetaplah penting untuk dikenakan.

Apa sih itu sepatu ? Tentu sudah banyak yang tahu. Sepatu adalah aksesoris pelengkap pakaian yang dikenakan di kaki. Bentuk sepatu menutupi bagian dari kaki.

Sepatu memiliki nilai guna yang bermanfaat bagi pemakainya. Sepatu dapat menghindarkan kaki dari kontaminasi luar, seperti kotoran, debu atau lainnya. Selain itu, sepatu juga bisa menjaga dan melindungi kaki dari panas dan dinginnya cuaca serta benda-benda yang dikhawatirkan dapat melukai kaki.

Pada kesempatan lain, sepatu juga berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk meningkatkan nilai aktifitas pemakaianya. Serta sepatu mampu menambah nilai gaya pemakainya tampil lebih menarik dan ciamik.

Sepatu sudah ditemukan sejak dari bangsa Mesir ada, sekitar abad ke 15 SM. Bahkan, jauh sebelumnya berdasarkan para ahli sepatu sudah ada sejak abad ke 80 SM di pedalaman Amerika Serikat. Di Eropa, sepatu juga pernah ditemukan sekitar pada abad ke 33 SM di pegunungan Perancis.

Apa sih jenis-jenis sepatu itu ? Berdasarkan pantauan Blog Nara, ada puluhan hingga ratusan jenis sepatu yang ada di dunia ini. Namun, kesempatan kali ini Blog Nara hanya akan mengupas sepatu secara umum. Berikut ini jenis-jenis sepatu yang rasanya Kawan Blog Nara perlu miliki:

Sepatu Oxford

Kegiatan formal atau resmi biasanya membutuhkan pakaian yang tentunya resmi juga, termasuk sepatu. Sepatu merupakan item penting penunjang penampilan formal.

Ada banyak jenis sepatu formal. Salah satunya adalah Sepatu Oxford. Sepatu Oxford merupakan sepatu formal yang biasanya digunakan pada acara pernikahan, pesta, kerja, dan lainnya.

Sepatu Oxford mempunyai ciri bertali, letak quarter sepatu tidak terpisah dengan vamp, eyelet tanpa plat lubang kancing dan memiliki warna gelap yang memiliki bahan kulit mengkilap.

Sepatu Oxford pertama kali ada di Skotlandia dan Irlandia dan memiliki sebutan sepatu Barmorals. Sedangkan, nama sepatu Oxford sendiri diambil dari nama Universitas Oxford karena popularitasnya sepatu tersebut di kampus Oxford sekitar pada tahun 1800.

Perawatan sepatu Oxford perlu diperhatikan dengan baik, agar umur sepatu dapat bertahan lama. Pemberian Oxford kondisioner pada sepatu setelah pemakaian beberapa bulan dapat memperpanajang usia sepatu. Penyemiran sepatu juga perlu dilakukan agar sepatu selalu nampak mengkilap.

Sepatu Oxford via suitcafe.com




Sepatu Sneakers

Sepatu sneakers item sepatu pria pilihan untuk tampil menarik secara kasual. Dengan perpaduan pakaian yang pas, maka akan jadi gaya yang keren.

Sepatu Sneakers bisa dipakai untuk acara santai, jalan-jalan, olahraga atau acara non formal lainnya. Ciri dari sepatu Sneakers ini adalah memiliki tali, bentuknya kecil pas ukuran kaki, dan tingginya sekitar mata kaki.

Ada banyak macam jenis sepatu sneakers, diantaranya adalah flat forms sneakers, low top sneakers, high top sneakers, dan wedges sneakers. Salah satu jenis Sneakers yang paling diminati adalah low top sneakers.

Bahan pembuatan sepatu Sneakers berasal dari kulit, kain, busa, kanvas, tweed, curdory dan lainnya. Sepatu Sneakers awalnya bernama Plimsoll sekitar tahun 1870. Semakin lama semakin luas dan digunakan untuk pergi berlibur dan olahragawan untuk bermain tenis dan croquet.

Terjadi pembaharuan sepatu Plimsoll hingga terciptanya sepatu lari. Pada abad ke 20 sepatu olahraga mendapatkan sebutan Sneakers di Amerika Serikat.

Sepatu Sneakers cocok digunakan untuk kegiatan santai atau non formal. Bentuknya yang pas menambah kenyamanan kaki saat dikenakan.

Sepatu Sneakers via mallonlineindonesia.com




Sepatu Boots

Boots merupakan sepatu yang sudah sejak lama ada sekitar abad ke 10 SM. Di Cina, sepatu Boots ditemukan sekitar pada abad ke 2 SM. Invasi pasukan Mongol akhirnya membawa sepatu Boots yang lunak menyebar ke daratan Cina, India hingga Rusia pada abad ke 12 M hingga 15 M. Pada abad ke 17 M, sepatu Boots digunakan di Eropa sebagai perlengkapan militer mereka untuk berperang.

Kini, sepatu Boots digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti camping, mendaki, dan lainnya. Ada beragam jenis sepatu boots, diantaranya adalah vintage boots, ankle boots, tall boots, knee-high boots dan lainnya.

Sepatu Boots mempunyai ciri bentuknya yang besar dan atau tinggi, warna biasanya coklat gelap atau hitam pekat, dan terbuat dari kulit.

Sepatu Boots via blibli.com




Sepatu Loafer

Sepatu Loafer merupakan sepatu semi formal. Awal mula sepatu ini didesain oleh Raymond Lewis Wildsmith dan diberi nama Wildsmith Loafer atas keinginan Raja George VI sebagai sepatu rumah.

Sepatu Loafer meraih kejayaannya dan ketenarannya pada tahun 1960an setelah dikenakan oleh Pangeran Charles dan musisi Miles kane. Sepatu Loafer memiliki kemiripan dengan sepatu Slip On, tanpa tali dan sepatu Moccasins, tali pendek.

Bahan baku Sepatu Loafer terbuat dari Kulit dan suede. Loafer yang terbuat dari kulit cocok digunakan untuk acara semi formal. Sedangkan Loafer dari suede cocok dikenakan saat acara santai.

Sepatu Loafer sangat tidak dianjurkan dipakai saat musim penghujan untuk menghindari air yang dapat merusak bulu pada permukaan sepatu Loafer.

Sepatu Loafer via id.aliexpress.com




Sepatu Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang paling disukai pria. Tentunya setiap olahraga memerlukan perlengkapan penunjang seperti sepatu.

Sepatu olahraga banyak macamnya. Tergantung kegiatan olahraga yang akan dijalani. Sepatu yang digunakan oleh pebasket tentu beda dengan sepatu milik pesepakbola, pelari atau olahraga lainnya.

Sepatu yang cocok dapat memberikan rasa nyaman dan aman dalam berolahraga. Bahkan industri apparel secara khsusus gencar membuat produksi sepatu olahraga karena banyaknya peminat sepatu jenis ini.

Sepatu Olahraga via segatakbar.com




Ada banyak sekali jenis sepatu yang ada didunia ini. Dari semua sepatu yang ada, pilihan sepatu ada pada kita tergantung ukuran sepatu dan pastinya kegiatan yang dijalani.

Kegiatan formal, semi formal, santai, atau olahraga. Pastikan, sesuaikan sepatu dengan diri kawan Blog Nara saat hendak memiliki sebuah sepatu.

My Fashion, My Passion.

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply